Sabtu, 21 Juli 2012

Tata Cara Bisnis Online

Tentu saja kita tidak ingin uang biaya internetan tidak terbuang sia-sia, untuk itu perlu langkah jeli agar mendapatkan keuntungan dari biaya internet yang kita keluarkan. Ada beberapa cara untuk meraih keuntungan seperti ikut kuis online, kontes blog dan bisnis online, Raja jempol share langkah-langkah awal berbisnis didunia internet.

Seperti bisnis pada umumnya untuk memulai bisnis internet, perlu juga harus dipersipakan beberapa hal terlebih dahulu agar bisnis internet berjalan dengan baik dan sukses. Yang perlu dipersiapkan adalah, konten situs, mendesain situs, menyewa webhosting, melakukan pendaftaran diportal iklan baris dan sebagainya. Bisnis internet pada intinya sama dengan bosnis lainnya, dimana juga perlu kerja keras, kemauan, kesabaran dan konsentarsi yang tinggi agar berhasil.

Syarat untuk memulai bisnis internet:


1. Komputer
Sebaiknya harus mempunyai komputer sendiri, hal ini memang tidak mutlak, sebagi langkah awal bisa menyewa pada warnet-warnet yang notabene biayanya terjangakau. Untuk jangka panjang lebih baik memiliki komputer sendiri, cukup yang sederhana tidak perlu yang mahal.

2. Pengetahuan dasar internet
Sebelum terjun kebisnis internet harus lebih dulu mengenal seluk beluk internet, tidak perlu mendalam sekali. Cukup faham bagaimana menggunakan e-mail, melakukan koneksi internet, mencari informasi di internet lewat Google, Yahoo, dan lain-lain.

3. Nama domain dan tempat parkir web
Seperti bisnis lainnya dimana ada alamat dan ruang kantor. Bisnis internet juga demikian, alamat kantor di internet sama dengan nama domain, sedangkan ruang kantor sama dengan webhosting. Untuk nama domain dan webhosting, dapat diperoleh dengan harga terjangkau dan lebih dari cukup untuk bisnis internet secara umum. Bila serius dengan bisnis internet, sebaiknya jangan menggunakan nama domain ataupu jasa hosting gratisan, sebab setiap setiap orang dapat mendapatkannya tanpa harus menunjukkan identitas yang sebenarnya. Berbeda dengan layanan bayar pemilik situs harus memberikan identitas sebenarnya, sebelum menggunakan layanan tersebut. Untuk memperoleh nama domain atau menyewa jasa webhosting dari situs lokal

4. Buku-buku panduan
Bila ingin mendesain sendiri tampilan situs, harus memilki pengetahuan HTML, Java Script, PHP, CGI,XML, dan bagaimana menggunakan softawre software seperti, microsoft front page, macromedia, mambo dan lain-lain. >

5. Bahasa Inggris
Sebagian besar informasi diinternet menggunakan bahasa inggris ,untuk itu perlu penguasaan bahasa inggris agar bisa mendapatkan informasi up to date. Memang tidak harus sampai faham sekali, tetapi paling tidak harus memahami informasi internet.


Kunci sukses bisnis internet
Ada beberap kunci agar bisnis internet yang kita jalani menuai kesuksesan dan keberhasilan mengumpulakan pundi-pundi uang. Berikut ini beberapa tipsnya :

a. Buatlah produk yang berkualitas, produk yang dibutuhkan dan melebihi harapan dari konsumen anda.

b. Buat situs yang menjual, tulis situs yang diinginkan konsumen anda, tulis situs untuk mereka bukan untuk anda.

c. Dapatkan traffic yang besar, dapatkan banyak pengunjung yang membutuhkan produk anda

Jenis-jenis bisnis internet
Produk-produk bisnis internet pada dasarnya dibagi menjadi dua kategori yaitu proiduk digital dan produk fisik. Produk digital dihasilkan oleh kemajuan teksnologi komputer dan internet. Diantara produk-produk digital adalah sebagai berikut :

1. Program software dan game
Keahlian programing untuk membuat software dan gane untuk dijual melalui internet dengan swistem diwnload bayar. Biil Gates dengan microsoftnya menjadi miliader.


2. Jasa konsultasi
Dengan memanfa’atkan keahlian tertentu dibidang hukum ,akuntansi, kesehatan dan lain-lain untuk memberikan jasa layanan dan konsultasi online.


3. Produk informasi
Adalah bentuk informasi yang berupa buku digital atau e-book untuk didownload, dengan biaya pembuatan e-book yang murah dan keuntungan yang besar.

4. Jasa situs
Situs yang menawarkan jasa seperti web desain email, marketing, pembuatan banner dan logo portal iklan, portal otomatif, jasa pengetikan, pembuatan skripsi atau jasa lain.


5. Produk affiliasi
Yaitu kerja sama antara prnjual online dengan para agen atas jasa mengarahkan pembeli untuk membeli produk penjual, didunia bisnis umum dikenal dengan agen

6. Bisnis domain
Bisnis domain muncul seiring dengan berkembangnya internet. Maka ekstensi yang digunakan adalah com, karena selalu mendapatkan nama domain berakhiran com, beberapa tahun terakhir ini mulai muncul ekstensi net, info, co, id, tv, bz, dan ws.

7. Bisnis webhosting
Webhosting, web desain dan nama domain termasuk bisnis inti dari internet, jasa webhosting untuk meletakkan isi [content] situs mereka diinternet agar dapat diakses diseluruh dunia.


8. Produk fisik
Produk atau barang fisik juga dapat dijual melalui internet, seperti produk pakaian, VCD dan lain-lain.

1 komentar:

:a: :b: :c: :d: :e: :f: :g: :h: :i: :j: :k: :l: